Daftar Harga Baja Ringan Per Batang Meter Kualitas Terbaik Terbaru 2020

By | Desember 14, 2019

Harga Baja Ringan – Selamat datang kembali di website merenovasi. Dalam kesempatan kali ini, akan ada pembahasan mengenai harga baja ringan.  Atap baja ringan pasti sudah tidak asing lagi untuk Anda yang sering menangani konstruksi rumah ataupun renovasi besar-besaran rumah.

Pada awalnya mungkin atap rumah sebenarnya biasa banyak yang menggunakan kayu saja, tapi sekarang atap rumah menggunakan baja ringan seiring dengan kemajuan teknologi dan juga zaman yang terus berkembang. Rangka atap baja ringan ternyata mempunyai fungsi yang kurang lebih sama dengan rangka atap yang menggunakan kayu.

Sejarah Singkat Baja Ringan

Sejarah Singkat Baja Ringan

Menurut catatan sejarahnya, besi pertama kali ditemukan sekitar tahun 1500 SM oleh Bangsa Het (Bangsa Hittite) yang memiliki pusat pemerintahan di Anatolia, Asia Kecil. Mereka juga telah menemukan teknik melebur besi dan juga merahasiakannya selama 400 tahun.

Pada tahun 1100 SM, teknik itu ternyata telah diketahui dan diterapkan oleh bangsa-bangsa lainnya seperti bangsa Yunani, Romawi, Mesir, Yahudi, dan Asiria. Sekitar tahun 400-500 SM, bangsa Eropa juga sudah menemukan cara untuk memanfaatkan besi menjadi logam jenis lain, yaitu baja.

Kekhalifahan Fatimiyah juga telah berhasil menemukan cara melebur baja dengan menggunakan campuran logam lain sehingga akan menghasilkan baja yang disebut sebagai baja Damaskus. Namun pada era 1300 Masehi, teknik ini telah menghilang.

Sekitar 1700 Masehi barulah bangsa-bangsa Eropa kembali meneliti dan mengaplikasikan lagi teknik membuat baja. Setelah berakhirnya Perang Dunia II, maka negara-negara yang terlibat di dalamnya (Inggris, Prancis, Jepang, dan Jerman) disini mengalami kelangkaan rumah tinggal.

Pada saat itulah adanya penggunaan rangka atap baja ringan mulai diperkenalkan. Sebagai bagian dari konstruksi untuk rumah prefabrikasi yang juga dianggap sebagai salah satu solusi pembangunan rumah dalam waktu singkat tanpa perlu memakan terlalu banyak biaya.

Pada perkembangannya sendiri, banyak juga bangunan komersial yang dibangun dengan menggunakan metode ini. Metode prefabrikasi bersama rangka atap baja ringan ini kemudian menyebar sampai ke Amerika Serikat di era tahun 1990-an.

Apa Itu Atap Baja Ringan?

Apa Itu Atap Baja Ringan

Sebelum mengetahui harga baja ringan per meter untuk berbagai merk terkenal. Misalnya saja seperti harga baja ringan taso, harga baja ringan kencana, harga baja ringan hollow dan lain sebagainya. Maka ada baiknya untuk kita mengetahui terlebih dahulu. Sebenarnya apa itu baja ringan.

Material baja ringan ini bisa didefinisikan sebagai salah satu material baja yang lebih tipis dan ringan bila dibandingkan dengan baja konvensional, namun untuk daya tahannya bisa saja diandalkan untuk menopang beban berat bangunan. Bisa juga untuk menahan atap, seperti atap seng gelombang, seng plastik dan lainnya.

Awal diciptakannya varian baja ini adalah karena adanya fakta bahwa bahan penyusun baja adalah karbon dan besi yang akan sangat rentan mengalami karat apabila material ini terekspos air serta udara dalam waktu lama. Oleh karena itu selain ringan, rangka atap baja ringan atau kanopi baja ringan biasanya juga anti karat. Cek di artikel harga kanopi per meter untuk lebih lengkapnya.

Baja ringan sendiri memiliki tiga varian yaitu (G250, G300, G500) yang dibedakan berdasarkan dengan kekuatan tarik tingginya, fungsi serta ketebalan 0,20 sampai 2 mm.

Meski tengah hits, rangka atap baja ringan ini baru dikenal orang-orang Indonesia di sekitar akhir tahun 1999 sampai 2000-an. Dengan pekembangan di dunia teknologi informasi, maka berkembang pulalah cara orang untuk mendesain rangka atap baja ringan.

Saat ini untuk pemasangan atap baja ringan juga bisa didiskusikan terlebih dulu dengan seorang profesional, yang tentuny akan membantu memvisualkan gambaran tentang rangka atap  inidalam bentuk gambar tiga dimensi atau pun dua dimensi.

Umumnya, ketebalan kuda-kuda atap baja ringan ini adalah sekitar 0,45 – 100 mm. Untuk kolom memiliki ketebalan yang lebih besar, yaitu 1,00 – 2 mm. Sedangkan untuk genteng metal ketebalannya sampai 0,2 mm karena beban yang ditanggung pada bagian ini lebih ringan daripada rangka baja ringan bagian kolomnya.

Jenis Baja Ringan

Baja ringan yang sangat umum sekali digunakan adalah bentuk “Canal” atau “C” dan juga “Omega”. Kesemua bentuk ini dapat dipergunakan untuk penyusun konstruksi baja ringan dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Bentuk ini juga dianggap sebagai profil baja ringan. Profil Canal C sendiri merupakan profil tertua pada material batang baja.

Penampang profil ini juga telah digunakan pada baja konvensional jauh sebelulum adanya istilah baja ringan hadir yang hingga saat ini masih juga dipakai. Pada profil C untuk kelebihan utamanya adalah pada saat digabungkan, dua profil C yang akan saling berhadapan disatukan menjadi “box” ataupun “kotak”.

baja ringan c single

Gambar di atas ini menunjukkan profil baja ringan berpenampang C single. Sementara itu untuk gambar di bawah ini menunjukkan gambar profil C yang telah digabungkan menjadi satu, sehingga telah membentuk box/kotak.

baja ringan c single digabungkan

Profil Canal “C” lebih banyak digunakan sebagai rangka utama pada konstruksi kuda-kuda pada baja ringan. Untuk cara membuat kuda kuda baja ringan juga mudah sekali. Sementara untuk konstruksi pendukung lain seperti reng sebagai tempat kedudukan untuk penutup atap/genteng digunakanlah profil “Omega” :

penampang reng

Gambar di atas telah menunjukkan penampang reng (dalam dunia konstruksi disebut juga dengan nama batten), dimana nantinya genteng akan ditempatkan pada bagian atasnya, batten/reng ini juga akan tentunya dipergunakan sebagai ikatan angin (windbrace/crossbrace), dan juga batang pengaku lainnya.

Sementara itu terkait dimensi ukuran, untuk tebal baja ringan yang sangat lazim digunakan pada konstruksi baja ringan ini umumnya memiliki ketebalan dari 0.75mm hingga 1.00 mm pada batang utama kuda-kuda konstruksinya. Sedang pada batten atau reng ketebalan yang digunakan mulai adri 0.40 hingga 0.60mm.

Sementara itu untuk ukuran tinggi profil juga bervariasi mulai dari 70mm sampai 100mm, dan pada batten atau reng tinggi mulai adri 31mm hingga 60mm. Variasi ukuran ini ditujukan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan lebar bentang rangka yang saling berhubungan dengan beban atau kekuatan yang disokongnya.

Kelebihan Rangka Atap Baja Ringan

Kelebihan Rangka Atap Baja Ringan

Penggiat di bidang konstruksi saat ini telah mempromosikan rangka atap baja ringan sebagai material yang lebih baik kualitasnya dan tentunya untuk menciptakan rumah kuat sepanjang masa. Inilah beberapa alasannya mengapa atap baja ringan banyak dipilih :

1. Liat atau tangguh dengan daktilitas tinggi

Liat di sini artinya sebuah karakter yang telah mendefinisikan tentang kemampuan sebuah material menyerap energi dalam jumlah yang besar. Rangka atap baja ringan tentunya mampu menahan beban deformasi tanpa akan mengakibatkan kerusakan pada beban tarik.

2. Pemasangan rangka atap baja ringan relatif singkat

Rangka atap baja ini mudah disambungkan satu sama lain denganmenggunakan baut, mur, atau dilas. Selain itu, sesuai dengan namanya, selain itu tidak seberat baja biasa. Inilah mengapa pemasangan rangka atap baja ringan ini hanya memerlukan waktu yang cenderung lebih singkat, yaitu maksimal selama tiga minggu saja.

3. Kekuatan tariknya tinggi tapi ringan

Sifat ringan atap baja ini akan sangat memudahkan kita saat hendak memindahkannya ke tempat lain. Per satuan berat rangka atap ini hanya memiliki kekuatan tinggi, sehingga potensi untuk beban matinya menjadi kecil. Rangka atap baja ringan juga cocok dipakai di rumah atau bangunan dengan bentang atap yang lebar.

4. Bukan baja biasa

Pada struktur baja konvensional, karat bisa saja muncul di bagian sambungan yang dilas. Sedangkan untuk proses penggantian akan memakan waktu lama karena baja ini cukup berat. Baja ringan sudah dilapisi dengan ,adanya zinc dan aluminium (zincalum) sehingga empat kali jadi akan terhadap karat daripada baja biasa.

5. Proses pemasangan lebih cepat

Rangka atap baja ringan juga sudah tersedia dalam bentuk jadi, dan tugas kita disini adalah merangkainya saja. Biasanya baja profil C yang digunakan sebagai pembentuk rangka utama, dan baja ringan profil U banyak digunakan sebagai reng. Dengan demikian, untuk pembuatan kasau dan gording sudah tidak diperlukan lagi.

Baja sudah dipotong secara presisi terlebih dahulu oleh mesin pabrik dan telah disambungkan dengan menggunakan mur tanpa baut. Bila proses pemasangan telah berjalan singkat, maka biaya yang dibutuhkan untuk membayar pekerja bangunan juga bisa lebih hemat.

6. Lebih ramah lingkungan

Hutan sebagai pemasok kayu lama-lama terus mengecil dan tidak sebanding dengan banyaknya kebutuhan manusia. Padahal, hutan juga punya manfaat lain. Selain untuk pemasok bahan bangunan, yaitu sebagai paru-paru dunia agar menangkal pemanasan global, sarana rekreasi serta edukasi yang tak pernah habis digali.

Menggunakan rangka atap baja ringan ini sudah dipromosikan sebagai langkah pembangunan yang ramah lingkungan, karena di dalamnya sama sekali tak ada kayu yang digunakan dalam proses pembuatannya.

Kekurangan Rangka Atap Baja Ringan

kekurangan baja ringan

Sebagaimana hal-hal lain yang ada di sekitar kita, rangka atap baja ringan juga tentunya memiliki kekurangan. Kami disini akan mengulasnya sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan langkah bagaimana menyamarkan kekurangan itu. Dan langkah pertama sebelum mengetahui harga baja ringan 2020:

1. Harga material termasuk mahal

Orang bilang, ada harga pasti ada rupa. Semua kelebihan rangka atap baja ringan yaitu ternyata memerlukan biaya yang tidak sedikit jika dibandingkan dengan pembuatan rangka atap dari kayu.

Meski demikian, untuk penggunaan rangka atap baja ringan ternyata lebih menguntungkan secara jangka panjang karena kita tidak perlu untuk melakukan penggantian rangka atap rumah di masa selanjutnya.

2. Hanya bisa dilakukan oleh para ahli di bidang atap baja ringan

Seperti yang telah saya ungkapkan sebelumnya, rangka atap baja ringan bukanlah material sembarangan. Kekeliruan dalam memasang rangka bisa saja berakibat pada bagian-bagian lainnya.

Oleh karena itu, gambar kerja akan sangat dibutuhkan dalam pemasangan atap baja ringan agar peletakan bagian-bagiannya bisa lebih teliti dan akurat. Bantuan profesional di bidang rangka atap baja ringan juga akan sangat dibutuhkan di sini.

3. Kurang cantik bila diekspos

Dibandingkan dengan rangka kayu, rangka atap baja ini akan terlihat kaku dan kurang menarik apabila tidak ditutup dengan eternit.

Rangka atap baja ringan ini juga kurang cocok di rumah yang ingin menerapkan gaya rustic atau pun gaya country. Karena dua gaya interior ini lebih kental dengan suasanan alami. Sebagai gantinya, maka kita bisa menerapkan gaya industrial yang lebih identik dengan elemen logam.

Tips Memilih Baja Ringan

1. Dalam memilih bahan material jenis apapun untuk tempat tinggal Anda, maka hal pertama yang harus selalu Anda lakukan adalah mencari tahu tentang kredibilitas dari produsen bahan tersebut.

2. Jangan pernah ragu untuk selalu meminta berbagai informasi Memilih Baja Ringan ini secara detail ukuran dan spesifikasi lengkap dari berbagai material rangka atap baja ringan yang akan Anda pilih nantinya.

Terutama mintalah dimensi atau ukuran dari Rangka Utama (Channel), semakin besar atau tebal C Channel maka semakin besar pula berat beban yang nantinya dapat ditanggungnya. Demikian juga jika semakin kecil atau tipis C Channel maka berat bebannya pun akan semakin kecil.

3. Jika material konstruksi yang tengah Anda cari ini adalah rangka atap baja ringan maka relevean rasanya jika Anda juga mengetahui informasi mengenai ketebalan lapisan anti karat dari bahan material itu.

Ada beberapa aturan baku yang berlaku umum untuk standar fabrikasi baja ringan ini yang digunakan untuk konstruksi rangka atap, seperti :

  • Galvanis, adalah pelapisan dengan seng (Zinc)saja, ketebalan minimum lapisan anti karat biasanya hanya 180gr/m2. Jika angkanya lebih besar dari itu, maka semakin baik kualitas lapisan anti karatnya.
  • Galvalum, merupakan pelapisan dengan seng (Zinc) dan juga aluminium dengan ketebalan minimum lapisan karat adalah sampai 150gr/m2. Tiap produsen juga memiliki aturan komposisi campuran antara seng dengan aluminium yang berbeda – beda. Bisa cek lebih lengkap pada artikel harga seng galvalum.

4. Dalam transaksi pembelian, Anda pasti nanti akan diberi software untuk membantu dalam menjalankan proses pemasangannya. Namun tetap perlu Anda pastikan terlebih dahulu, software yang diberikan tersebut telah memiliki sertifikasi dari badan/ konsultan konstruksi yang berpengalaman atau belum.

5. Jangan pernah ragu untuk meminta saran ataupun pendapat dari konsultan konstruksi ataupun bisa dari arsitek yang berpengalaman dalam menjalankan proses pemasangan Hal ini untuk mengantisipasi agar nantinya tidak terjadi kesalahan.

Cara Menghitung Biaya Pasang Rangka Atap Baja Ringan

Cara Menghitung Biaya Pasang Rangka Atap Baja Ringan

Sebelum Anda akan memutuskan untuk memasang rangka atap baja ringan ini, maka bisa untuk menghitung perincian biaya yang akan dikeluarkan dan menyesuaikannya juga dengan bujet kita.

Akan tetapi untuk harga di setiap kota akan berbeda. Misalnya saja harga baja ringan jogja, harga baja ringan di medan, harga baja ringan semarang dan lainnya dimungkinkan berbeda. Maka dari itu, disini saya akan memberikan kisaran harga baja ringan untuk atap atau harga baja ringan untuk atap rumah saja.

Saat ini, untuk biaya pemasangan rangka atap baja ringan sudah termasuk dengan adanya biaya penutup atap (genteng). Dengan demikian, maka perkiraan pengeluaran adalah:

1. Buat sketsa atap

Sebelum menghitung biaya, maka kita perlu menghitung luas atap rumah. Agar bisa mengetahui tentang gambaran bentuk atap yang akan dipasang nantinya, kita bisa juga menggambarnya dulu sesuai dengan ukuran yang telah diperkecil menggunakan kalkulasi skala.

2. Menghitung luas atap rumah

Misalnya saja untuk ukuran luas rumah adalah 6 x 10 m. Setiap atap pasti memiliki oversteck sebesar 0,5 m di sisi kanan, kiri, depan dan pada bagian belakang. Bila sudut kemiringan atap adalah sampai 30 derajat, maka luas atap rumah (LAR) adalah sebagai berikut :

LAR = panjang x lebar / cosinus derajat kemiringan pada atap

= (6 m + oversteck kanan kiri sebanyak 1 m) x (10 m + oversteck di depan belakang 1 m) / cos 30°

= 7 m x 11 m : cos 30°  sama dengan 77 m2 : 0.866

LAR = 88, 92 m2.

3. Menghitung biaya total rangka atap baja ringan

Pada tahap ini kita juga harus mengetahui berapa anyak kisaran harga baja ringan dan juga harga genteng pilihan kita. Misalnya harga baja ringan setebal 1 mm saat ini adalah sekitar Rp 150 ribu/m2, sedangkan untuk harga genteng metal adalah sekitar Rp 100 ribu/m2. Maka total biaya baja ringan adalah :

= (LAR x harga baja ringan per m2 seperti di contoh) + (LAR x harga penutup atap per m2 seperti di contoh)

= (88,92 m2 x Rp. 140.000) + (88,92 m2 x Rp. 100.000)

= Rp. 12.448.800 + Rp. 8.892.000

= Rp. 22.230.000. Jadi untuk total biaya rangka atap baja ringan rumah 6 x 10 m2 adalah Rp 22 juta 230 ribu.

Unuk lebih mempermuadah Anda lagi, maka bisa langsung meminta tukang borongan. Agar nantinya harga baja ringan untuk plafon atau harga baja ringan per meter plus pasang ini bisa diurus dengan lebih teliti.

Hal ini juga agar nantinya beberapa hal lain seperti plafon, plat besi, plat aluminium, plat bordes , seng talang, plat stainless atap dan lain sebagainya dapat lebih bagus dan teliti lagi.

Video Cara Memasang Baja Ringan

Berikut ini sata tambahkan cara pasang baja ringan sendiri untuk Anda. Karena di dalamnya akan ada cara menyambung baja ringan, maka tidak boleh sembarangan. Karena sambungan baja ringan ini juga merupakan bagian penting.

Tabel Daftar Harga Baja Ringan Per Batang Meter Terbaru 2020

ProdukUkuranHarga/Batang
Kaso Baja Ringan Taso 0.65 mm6 MeterRp 97.000
Kaso Baja Ringan Taso 0.70 mm6 MeterRp 100.000
Kaso Baja Ringan Taso 0.75 mm6 MeterRp 102.000
Kaso Baja Ringan Taso 1.00 mm6 MeterRp 153.000
Reng Baja Ringan Taso 0.40 mm6 MeterRp 57.000
Reng Baja Ringan Taso 0.45 mm6 MeterRp 62.000
Kaso Baja Ringan Prima 0.65 mm6 MeterRp 72.000
Kaso Baja Ringan Prima 0.70 mm6 MeterRp 77.000
Kaso Baja Ringan Prima 0.75 mm6 MeterRp 82.000
Kaso Baja Ringan Prima 1.00 mm6 MeterRp 107.000
Reng Baja Ringan Prima 0.40 mm6 MeterRp 37.000
Reng Baja Ringan Prima 0.45 mm6 MeterRp 42.000
ProdukHarga
Kanal C 0.75Rp 67.000/batang (6 meter)
RengRp 29.000/batang
Skrup Kanal C dan Skrup Genteng (1.900) pcsRp 137.000/dus dan Rp 82.000/dus
Aluminium Foil Single (1mx50m)Rp 252.000/roll
Aluminium Foil Double (1mx50m)Rp 282.000/roll
Genteng Metal Pasir (85cmx85cm)Rp 30.000/lembar
Jenis ProdukHarga
Rangka Atap Saja + “Rencana Atap Genteng Metal”Rp 124.900/m2
Rangka Atap Saja + “Rencana Atap Genteng Keramik”Rp 127.900/m2
Rangka Atap + Genteng MetalRp 187.900/m2
Rangka Atap + Genteng Metal + Alumunium FoilRp 203.900/m2

Untuk memberikan gambaran, maka akan saya tambahkan harga baja ringan terbaru. Yang akan meliputi harga baja ringan kanal c, harga baja ringan untuk plafon, harga baja ringan 1mm, harga baja ringan taso 0.75 dan berbagai macam merk serta ukuran lainnya yang berbeda :

Note : Perlu diingatkan kembali bahwa beberapa harga baja ringan yang telah saya sebutkan di atas, mungkin saja akan mengalami perbedaan bei berbagai kota. Misalnya saja harga baja ringan per batang di semarang, Lampung, Makassar, Solo, Jakarta Tangerang dan lain sebagainya. Akan berbeda tergantung penjual atau toko.

Dengan adanya perbedaan harga baja ringan terbaru, maka tidak ada salahnya untuk Anda semua apabila ingin membeli baja ringan. Cek dulu update harga baja ringan murah atau harga baja ringan terpasang hanya di website merenovasi.

Karena untuk harga baja ringan merk taso ataupun harga baja ringan kencana 2020 dan lain sebagainya bisa saja berubah seaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu. Terima kasih telah membaca. Sampai jumpa lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *