Daftar Harga Seng Galvalum Per Lembar Meter Terbaru 2020

By | Desember 24, 2019

Harga Seng Galvalum – Hai, selamat datang kembali di merenovasi. Seperti biasanya disini akan membahas seputer berbagai macam material bangunan. Dan dalam kesempatan kali ini, akan ada pembahasan mengenai harga seng galvalum yang banyak sekali di cari masyarakat belakangan ini.

Atap galvalum ini adalah baja berkualitas tinggi yang bersifat ringan dan juga tipis. Kata galvalum sendiri merupakan singkatan dari galvanis serta aluminium. Disini juga akan saya tambahkan kisaran harga seng galvalum 6 meter, harga seng galvalum 4 meter, harga seng galvalum 5 meter dan berbagai ukuran lainnya.

Seng Galvalum

Seng Galvalum

Salah satu jenis atap rumah yang bisa digunakan adalah atap seng. Ada berbagai jenis seng, seperti seng besi, seng plastik dan lain sebagainya. Tidak hanya dapat diaplikasikan untuk berbagai jenis-jenis rumah tinggal saja. Akan tetapi seng juga biasa digunakan pada bangunan-bangunan industri lainnya.

Seng sendiri adalah atap yang sudah diproduksi bahkan sejak tahun 1800-an, dimana seng ini dihasilkan melalui proses pengolahan dari logam tipis yang lalu di cetak ke dalam bentuk gelombang. Ukuran seng ini biasanya berbeda tergantung para produsen atau pabrik yang membuat.

Pada umumnya untuk ukurannya sekitar 83 x 200 cm dengan ketebalan bervariasi mulai dari 0.5, 0.7, 0.8 hingga 1 mm.

Atap seng merupakan salah satu produk atap yang telah di produksi dalam bentuk lembaran tipis dan juga ringan, sehingga dalam proses pemasangan serta penggunaan akan lebih mudah.

Selain itu, untuk daya tahan seng juga dikatakan baik karena mampu bertahan cukup lama serta tahan dari korosi, terlebih jika sebelumnya seng ini telah di cat terlebih dahulu.

Pada umumnya, seng lebih banyak digunakan pada bangunan-bangunan berupa pergudangan, garasi dan juga bangunan industri lainnya dibandingkan dengan rumah. Karena lebih banyak menggunakan baja ringan.

Namun apabila di pedesaan cukup banyak rumah yang ditemukan beratap seng, karena seng sendiri dinilai murah dan baik sebagai cara membangun rumah dengan dana yang minim. Dalam penerapan di rumah, seng tidak banyak juga digunakan karena memiliki berbagai macam kelemahan yang harus Addipertimbangkan.

Jenis Seng Galvalum

Jenis Seng Galvalum

Ada berbagai macam jenis dalvalum yang banyak sekali di cari masyarakat saat ini. Misalnya saja mereka banyak mencari kisaran harga dari segi ukuran. misalnya saja seperti harga seng galvalum panjang, harga seng talang galvalum per meter dan lain sebagainya.

Selain itu, kalau dari segi jenis atau merk, masyarakat seringkali mencari kisaran harga seng galvalum kencana, harga seng galvalum warna, harga seng galvalum gelombang, harga seng galvalum transparan. Yang memang beberapa jenis seng ini sudah sangat lazim di temui dan sudah banyak di cari masyarakat.

Sementara itu, harga seng galvalum bekas juga banyak sekali yang mencarinya. Akan tetapi disini saya tidak menyarankan untuk membeli yang bekas. Karena kualitasnya akan berbeda. Untuk lebih lengkapnya lagi mengenai harga, maka Anda semua bisa mengeceknya di tabel harga seng galvalum yang telah saya buat.

Kelebihan Seng Galvalum

Sebelum mengetahui harga seng galvalum per meter atau per lembar. Ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu beberapa kelebihan seng galvalum sebagai berikut ini :

  • Lebih Hemat Biaya

Desain atap rumah dengan atap galvanum ini bisa digunakan dalam waktu yang sangat lama tanpa harus untuk sering berganti rangka atap. Bisa dibayangkan juga berapa biaya yang harus dikeluarkan apabila kita harus mengeluarkan uang untuk mengganti atap rumah kita yang terserang rayap terus-terusan, kan?

  • Atap Galvalum Bebas Dari Rayap

Seperti diketahui bahwa untuk penggunaan atap kayu rentan dimakan oleh rayap, apalagi kalau jenis kayu yang digunakan ini kualitasnya kurang bagus. Rayap tentu menjadi momok yang menakutkan bagi orang-orang yang memiliki rangka rumah yang terbuat dari kayu.

Solusinya, Anda bisa mempertimbangkan memakai atap galvanum ini yang lebih kokoh dan tahan rayap. Jadi, Anda nggak perlu repot untuk menyiapkan cara membasmi rayap di rumah!

  • Pembangunan Bisa Lebih Cepat

Atap galvalum yang sudah siap pasang biasanya akan sangat menghemat waktu pengerjaan berbagai proyek bangunan. Misalnya saja, untuk sebuah rumah minimalis tipe 36 bisa saja diselesaikan dalam kurun waktu kurang lebih 1 minggu dengan menggunakan rangka atap galvalum ini.

  • Atap Galvalum Lebih Ringan

Sesuai dengan namanya, atap galvalum ini atau kita kenal juga dengan nama lain rangka atap baja ringan memiliki bobot yang lebih ringan jika di bandingkan dengan rangka kayu atau rangka besi konvensional. Atap galvalum ini mudah dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain, akan meningkatkan presentase keselamatan para pekerja.

Kekurangan Seng Galvalum

  • Seng Berisik

Kerugian paling utama adalah seng ini cukup berisik apalagi kalau hujan tiba. Suara berisik mungkin bisa untuk Anda kurangi dengan memakai plafon asbes yang dapat digunakan untuk meredam suara gemuruh hujan.

  • Tidak Semua Orang Bisa Memasang Atap Galvalum

Belum semua orang familiar dan juga mampu melakukan pengerjaan atap galvalum. SDM yang terbatas tentu membuat kita memerlukan waktu ekstra untuk menemukan tukang yang tepat dan juga benar-benar ahli. Karena hal itu, untuk biaya pemasanganya cenderung akan lebih tinggi dibandingkan rangka atap kayu.

  • Atap Galvalum Lebih Cepat Panas

Dalam pemakaiannya, atap galvalum ini akan lebih cepat panas saat matahari terik. Hal ini bisa saja mempengaruhi suhu di dalam rumah. Apalagi jika iklim di daerah tempat tinggal Anda termasuk ke dalam iklim panas atau beriklim tropis. Berbeda dengan material kayu yang cenderung tidak mudah menyerap panas.

Cara Memasang Seng Galvalum

Cara Memasang Seng Galvalum

Berikut ini adalah beberapa langkah dalam memasang seng galvalum:

  • Memastikan kerangka atap seng

Sebelum memasang atap seng, perlu terlebih dahulu pastikan struktur rangka kayu atap sudah terpasang dulu dengan benar. Karena setiap genteng pasti memiliki karakteristik yang berbeda-beda serta ketentuan yang berbeda juga. Mulai dari kemiringan, jumlah reng serta gording dan lain sebagainya.

Untuk atap seng kemiringan yang dibutuhkan adalah sampai sekitar 5 derajat hingga 15 derajat. Sehingga atap seng tentunya tidak membutuhkan kaso. Tapi tetap menggunakan gording. Gording kayu ini yang digunakan biasanya adalah berukuran 5 x 10 cm.

Perhatikan juga ketika Anda hendak memasang kuda-kuda, jarak yang butuhkan nantinya antara gording satu ke gording lainnya sebesar ukuran atap seng gelombang yang nanti akan digunakan.

Sebelum hendak memasang, Anda jangan lupa lapisi terlebih dahulu kayu tersebut dengan menggunakan minyak koolter ataupun residu. Hal ini agar nantinya kayu tetap awet dan juga tidak mudah dimakan oleh rayap.

  • Persiapan pemasangan

Tahap selanjutnya adalah dengan memulai persiapan pemasangan. Pastikan juga bahan-bahan yang dibutuhkan untuk mendukung proses pemasangan sebelumnyasudah tersedia. Seperti atap seng gelombang, apakah jumlahnya sudah cukup atau tidak.

Anda disini juga dapat memilih atap seng yang sesuai dengan warna cat rumah elegan yang ada pada eksterior rumah Anda. Pilihlah juga warna yang dapat membuat bangunan Anda dapat menjadi lebih menonjol di lingkungan setempat.

Selanjutnya adalah dengan menyiapkan alat-alat lain seperti sekrup, paku, serta beberapa kunci khusus yang jumlahnya sebelumnya telah dipersiapkan menyesuaikan dengan kebutuhan atap Anda.

  • Pengecekan sebelum pemasangan

Sebelum memasang atap seng, Anda sebelumnya juga perlu memastikan bahwa pada rangka atap sudah terdapat beberaoa penyangga atap yang biasa dikenal dengan nama reng. Dimana alat ini digunakan sebagai alat pendukung atap sehingga untuk pemasangan atap dapat bertahan lama dan kuat serta tidak mudah copot.

Selain itu untuk menanggulangi nantinya kalau adanya suara bising yang ditimbulkan oleh atap seng ketika nanti terkena percikan air hujan, disini Anda dapat menambahkan wire mesh sebelum proses pemasangan atap Anda.

Wire mesh sendiri merupakan insulasi yang ditujukan untuk mengurangi adanya panas matahari serta suara bising.

Penggunaan ini memang sangat direkomendasikan untuk meningkatkan kenyamanan pengguna bangunan, tapi jika Anda tidak menginginkannya maka boleh untuk tidak digunakan.

  • Proses finishing

Ketika semuanya sudah terpasang dengan baik dan benar, barulah proses pemasangan atap bisa dilakukan. Dengan menggunakan paku.

Anda juga dapat meletakkan lembaran atap seng tersebut pada bagian penyangga yang sebelumnya telah dibuat. Ketika posisi sudah dinilai dengan tepat, maka atap bisa segera di paku. Lakukan juga pada seluruh bagian atap.

Video Cara Memasang Seng Galvalum

Tabel Daftar Harga Seng Galvalum Per Lembar Meter Terbaru 2020

ProdukLebarHarga
Seng Galvalum Tebal 0.25 mm1 meterRp. 57.000 / meter
Seng Galvalum Tebal 0.30 mm1 meterRp. 67.000 / meter
Seng Galvalum Tebal 0.35 mm1 meterRp. 77.000 / meter
Seng Galvalum Tebal 0.40 mm1 meterRp. 87.000 / meter
Seng Galvalum Tebal 0.45 mm1 meterRp. 97.000 / meter
Seng Galvalum Tebal 0.50 mm1 meterRp. 117.000 / meter

Note : Untuk harga-harga seng galvalum yang telah saya sebutkandi atas, mungkin saja akan berbeda dengan harga yang ada di kota atau wilayah Anda. Tergantung juga dengan penjual atau toko yang menjualnya Maka dari itu, untuk harga seng galvalum pada tabel di atas hanya untuk kisaran saja. Tidak beda jauh dengan kota Yogyakarta, Malang, Surabaya, Bandung, Mojokerto, Jakarta dll.

Demikianlah pembahasan yang dapat saya lakukan dalam kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat. Setelah ini, Anda bisa langsung membaca tentang plat bordes. Kalau Anda mau beli seng galvalum ini, maka ada baiknya untuk cek dulu harganya di website merenovasi. Terima kasih telah membaca. Sampai jumpa lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *