Daftar Harga Kayu Jati Perhutani, Belanda DLL Gelondongan Per Kubik Per Batang Terbaru 2020

By | Desember 26, 2019

Harga Kayu Jati – Selamat datang kembali di website merenovasi yang akan membahas mengenai berbagai hal yang berhubungan dengan dunia permaterialan dan tentunya ada spesifikasi beserta harga terupdate. Dan dalam kesempatan kali ini, akan ada pembahasan mengenai harga kayu jati terbaru 2020.

Kayu Jati sendiri tentunya merupakan salah satu kayu yang banyak sekali digunakan untuk bahan material bangunan. Selain kayu ulin, glugu dan lainnya. Kayu sendiri biasanya juga digunakan untuk membuat konstruksi atap. Tentunya di padukan dengan berbagai genteng. Semisal genteng Jatiwangi, genteng keramik, genteng metal dan sebagainya.

Kayu Jati

Kayu Jati

Jati merupakan sejenis pohon penghasil kayu bermutu tinggi. Pohon besar, memiliki batang lurus, dapat tumbuh sampai dengan tinggi 30-40 m. Berdaun besar, yang luruh pada saat musim kemarau. Kabar berita dari Detik, tahun demi tahun pasti akan naik.

Jati juga dikenal dunia dengan nama teak. Nama ini asalnya dari kata thekku yang ada dalam bahasa Malayalam, bahasa di negara bagian Kerala di wilayah India selatan. Kayu jati sendiri ada banyak yang menjualnya dengan harga lemari kayu jati 2 pintu, harga lemari kayu jati 3 pintu, harga kayu jati 6×12, perbatang, per kubik dan sebagainya.

Kayu jati juga memiliki keunggulan di bandingkan berbagai macam kayu lain, semisal kayu pinus, kayu kaso, dan lain sebagainya.

Jenis Kayu Jati

Setidaknya sampai saat ini ada 3 Jenis yang umum diketahui dan banyak digunakan masyarakat. Ketiga jenis jati tersebut adalah, kayu jati rakyat, kayu jati emas dan juga kayu jati perhutani (singkatan dari Perusahaan Hutan Negara Indonesia).

Dari ke 3 jenis kayu jati tersebut, untuk masing-masing pastinya memiliki perbedaan karakter dan tekstur. Dan untuk mengetahui lagi lebih detail mengenai ketiga jenis kayu jati ini, makasilahkan menyimak artikel ini sampai akhir.

Dan untuk tambahan saya juga akan menyertakan kelebihan serta kekurangan kayu jati.

1. Kayu Jati Rakyat

Kayu Jati Rakyat

Pohon jati rakyat lebih cenderung banyak memiliki bengkokan pada batangnya sehingga kayu yang dihasilkan nanti biasanya bengkok. Selain itu, pohon jati rakyat juga memiliki masa pertumbuhan lebih lama daripada kayu jati emas yaitu sekitar 15 sampai 25 tahun untuk siap ditebang dan juga bisa digunakan kayunya

Tetapi dengan lamanya masa tumbuh ini, maka menjadikan pori-pori pada kayu jati jenis ini lebih padat apabila dibandingkan dengan kayu jati emas. Dan gubal pada kayu jati rakyat ini biasanya lebih sedikit.

2. Kayu Jati Emas

Kayu Jati Emas

Kayu jati emas merupakan jenis kayu jati yang pohonnya memiliki masa pertumbuhan lebih cepat dari pada masa pertumbuhan pada pohon jati pada umumnya. Hanya dalam kurun waktu 7 sampai dengan 15 tahun, pohon ini sudah bisa tumbuh besar dan siap untuk ditebang.

Hal ini juga merupakan kelebihan dari pohon jati mas. Sedangkan untuk kelebihan lainnya adalah pohon jati mas kebanyakan banyak yang berbatang lurus tanpa ada bengkokan ataupun kalaupun ada hanya sebagian kecil saja sehingga untuk kayu yang dihasilkan juga lurus.

Kondisi kayu yang seperti ini memang sangat disukai oleh para pekerja mebel ketika mereka sedang mengerjakan desain furniture yang memiliki bidang lebar seperti meja dan lemari. Pori-pori pada kayu jati mas ini tergolong lebih besar-besar atau dengan kata lain bisa juga di bilang kurang padat.

3. Kayu Jati Perhutani

Kayu Jati Perhutani

Kayu Jati Perhutani adalah kayu jati yang untuk pengelolaanya dilakukan oleh PT. Perum Perhutani. Salah satu lembaga dari BUMN yang membidangi olah sumber daya hutan yang ada di Jawa dan Madura.

Kayu yang dihasilkan tentunya memiliki kualitas jauh lebih tinggi daripada kayu jati emas dan kayu jati rakyat. Maka dari itu, harga kayu jati perhutani 2020 lebih mahal.

Kegunaan Kayu Jati

Kegunaan Kayu Jati

Sesuai dengan sifatnya yang memang kuat, keras, tahan lama dan juga akan tidak mudah mengalami perubahan bentuk, maka kayu jati kebanyakan memang dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan, seperti berikut ini :

1. Kapal laut

Sejak jaman penjajahan pemerintah kolonial Belanda, kayu jati sudah banyak dimanfaatkan sebagai bahan dasar untuk pembuatan kapal laut, dan juga sebelum itu memang sudah dimanfaaatkan sebagai bahan pembuatan untuk kapal nelayan.

Ada juga yang terkenal dengan nama kayu jati belanda, akan tetapi sebenarnya asalnya bukan hanya dari belanda. Dan ini bukan merupakan kayu jati asli, melainkan kayu pinus. Dan untuk harga kayu jati belanda atau harga kayu jatu belanda 2020 masih tergolong murah di bandingkan dengan harga kayu jati asli.

2. Rumah

Rumah pada jaman dahulu dan juga beberapa rumah yang ada di daerah pedesaan masih banyak yang mengandalkan kayu jati sebagai bahan dasar pembuatannya, daripada dengan menggunakan semen dan bata.

Saat ini pembuatan tumah dengan kayu jati biasa juga ditemui pada daerah pegunungan, sebagai villa serta rumah peristirahatan dan juga tempat penginapan umum di tempat-tempat wisata.

3. Meubel dan furniture

Sifat kayu jati yang mudah untuk dipotong-potong dan diolah, membuat kayu jati ini sering dimanfaatkan sebagai bahan baku pada pembuatan meubel dan furniture yang berukir. Hal ini seperti halnya manfaat kayu cendana yang banyak juga dibuat untuk meubel.

Contoh meubel dan furniture kayu yang terbuat dari bahan kayu jati antara lain :

  • Meja makan
  • Kursi
  • Lemari pakaian
  • Kusen dan pintu serta jendela
  • Tempat tidur

4. Hiasan rumah dari Kayu

Manfaat kayu jati sering sekali digunakan sebagai bahan pembuatan ukiran dan juga hiasan serta pajangan rumah yang menarik, dengan warna kayu jati yang sangat khas dan tahan lama. Berikut ini adalah beberapa jenis ukiran dan pajangan hiasan rumah yang dibuat dengan bahan dasar kayu jati :

  • Ukiran dinding
  • Pigura foto
  • Ukiran pada kusen dan pintu
  • Pembuatan pajangan- pajangan

5. Gazebo

Gazebo adalah sejenis aula kecil yang biasanya terletak pada bagian taman, dan juga dapat berguna sebagai tempat berkumpul atau bersantai. Manfaat kayu jati, dapat membuat rumah-rumahan taman ini dengan sangat kuat, bahkan akan tahan air.

6. Dekorasi outdoor

Selain menjadi gazebo, masih ada lagi beberapa dekorasi outdoor lainnya yang dibuat dengan menggunakan kayu jati sebagai bahan dasar utamanya. Hal ini disebabkan karena kualitas kayu jati yang tidak mudah berubah walaupun nanti terus-terusan terkena hujan atau panas. Dekorasi outdoor yang biasanya terbuat dari kayu jati antara lain :

  • Kursi taman
  • Ayunan
  • Tiang garasi

7. Menjadi parket atau lapisan penutup lantai

Salah satu fungsi kayu jati sebagai dekorasi hiasan adalah dengan digunakan sebagai parket. Parket adalah jenis lapisan kayu yang digunakan untuk menutupi bagian lantai.

Dengan demikian, maka lantai rumah tidak lagi menggunakan tegel ataupun keramik. Hal ini tentu saja akan semakin menambah nilai estetika dari dekorasi suatu ruangan.

8. Tiang rangka rumah, maupun yang lainnya.

Kelebihan Kayu Jati

Kelebihan Kayu Jati

Berikut ini adalah beberapa kelebihan kayu jati yang bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan:

  • Kuat Dan Tahan Lama

Sudah banyak orang telah mengetahui bahwa kualitas kayu jati hampir lebih tinggi dari berbagai jenis kayu kain. Kayu jati juga memiliki ketahanan dan kekuatan yang baik, hal ini dapat dibuktikan dengan jarang sekali kita melihat jati kering gampang patah dan pecah.

Selain itu juga memiliki masa pakai yang sangat lama, bahkan ada beberapa produk jati antik yang memiliki umur sampai dengan ratusan tahun. Apalagi kalau ditambah dengan lapisan cat kayu atau ditambah dengan lem kayu super.

Jadi jangan ragu lagi untuk membeli perabotan yang terbuat dari berbagai bahan tersebut, karena kualitasnya benar-benar sudah teruji.

  • Tahan Cuaca Apapun

Kelebihan kayu jati selain kuat dan tahan lama juga sangat tahan dengan kondisi cuaca apapun, baik itu panas, hujan, bahkan sampaimusim salju sekalipun.

Jadi wajar saja kalau mayoritas furniture kayu untuk outdoor. Misalnya saja seperti stikeng hampir semuanya di produksi dari jenis kayu jati ini. Walaupun cuaca akan berubah tapi kayu jati akan tetap seperti pada bentuk aslinya,

  • Memiliki Serat Yang Cantik

Serat kayu yang dimiliki jenis kayu jenis ini juga sangat khas. Jati memiliki bermacam corak, yang dapat dilihat dengan kasat mata.

Jadi saya rasa disini pantas saja kalau banyak yang mengfinishing kayu jati dengan menggunakan warna natural ataupun warna klasik, yang akan menonjolkan warna asli jati dan nantinya memperlihatkan coraknya.

  • Kayu Jati Lebih Tahan Hama

Kayu jati memang lebih tahan hama kayu dari pada jenis kayu lainnya seperti mahoni, mindi dan meh (trembesi), akan tetapi ketika kayu masih basah ada beberapa kasus tentang kayu jati yang mengalami crocoh.

Crocoh sendiri adalah manculnya suatu lubang-lubang kecil dari kayu yang di akibatkan karena adanya hama kecil. Namun ketika sudah kayu sudah menjadi barang, nanti jarang sekali dijumpai yang dimakan hama.

Jadi dapat saya simpulkan disini salah satu kelebihan Kayu jati lebih tahan hama dari pada berbagai jenis kayu lainya.

  • Tidak Mudah Menyusut Atau Ngulet

Kayu jati selain kuat dan tahan lama juga akan sangat stabil, karena kayu jati kering tidak akan mudah mengalami penyusutan dan perubahan bentuk dalam istilah pertukangannya disini yaitu “ngulet”.

Dan hal tersebut yang membuat kayu jati banyak sekali digunakan dalam industri apapun, baik meubel kayu, seperti kursi, meja, kichen set, lemari, ranjang, tempat tidur dan lain sebagainya. Ataupun untuk berbagai perumahan seperti kusen, daun pintu dan juga hiasan rumah

  • Tidak Mudah Berjamur

Jarang sekali saya menemui ada kayu jati yang berjamur. Berbeda sekali dengan jenis kayu mahoni, karena kelemahan mahoni disini salah satunya adalah mudah berjamur dan hal tersebut tidak dapat saya jumpai di jati.

Kekurangan Kayu Jati

Kekurangan Kayu Jati

Berikut ini adalah beberapa kekurangan kayu jati yang bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan lainnya :

  • Harga Lebih Mahal

Tentu kita ketahui jati memang memiliki banyak kualiatas yang baik dari pada kayu lainya, dan hal tersebut kemungkinan yang juga membuatnya menjadi sangat mahal.

Dan ketika saya bandingkan harga jati ini dan mahoni ternyata jati lebih mahal dengan selisih hampir sampai 30% per kubik. Jadi jangan heran lagi kalau produk jati mahal. Karena untuk bahan baku utamanya memang sudah mahal.

Sementara itu untuk harga kayu jati per kubik, harga kayu jati per batang, harga kayu jati gelondongan atau harga kayu jati gelondongan 2020 ataupun harga kayu jati lembaran pastinya akan berbeda-beda. Dan harga kayu jati 2020, harga kayu jati 2020, sampai dengan harga kayu jati 2020 sekarang ini juga mengalami naik turun.

  • Tidak Cocok Buat duco

Salahh satu kekurangan kayu jati adalah Pori-pori yang dimiliki memang sangat besar sehingga tidak akan cocok jika difinishing dengan menggunakan model cat duco.

Kalaupun bisa, nanti pasti membutuhkan tenaga dan biaya yang extra, berbeda sekali dengan kayu mahoni yang memang memiliki pori kecil sehingga mudah jika di buat dengan model duco. Selain itu jatijuga akan mengeluarkan minyak, sehingga pada saat proses finising duco terkadang akan muncul kekuningan.

  • Memiliki Gudal Besar

Yang menjadi kelemahan kayu jati sendiri adalah memiliki gudal yang besar. Gudal kayu yang saya maksud disini adalah titik tengah dari kayu. Titik tengah dari jati ini biasanya lebih besar dari pada jenis kayu lain. Selain itu juga sangat mudah untuk terkelupas karena seperti busa, dan pada umumnya berwarna putih.

Tabel Daftar Harga Kayu Jati, Belanda Gelondongan Per Kubik Per Batang Terbaru 2020

Harga Kayu Jati Per M3 Kubik Perhutani

UkuranHarga
3 x 10 x 400Rp 14.500.000
3 x 12 x 400Rp 15.000.000
3 x 15 x 400Rp 15.500.000
3 x 20 x 400Rp 16.000.000
3 x 25 x 400Rp 16.500.000
3 x 30 x 400Rp 17.000.000
4 x 12 x 400Rp 15.500.000
4 x 20 x 400Rp 16.000.000
4 x 25 x 400Rp 17.000.000
4 x 30 x 400Rp 17.500.000
5 x 12 x 400Rp 16.900.000
5 x 15 x 400Rp 17.500.000
5 x 20 x 400Rp 17.800.000
5 x 25 x 400Rp 18.500.000
5 x 30 x 400Rp 19.300.000
6 x 12 x 400Rp 18.700.000
6 x 15 x 400Rp 19.000.000
6 x 20 x 400Rp 19.300.000
6 x 25 x 400Rp 19.900.000
6 x 30 x 400Rp 20.000.000

Harga Kayu Jati Belanda

Gambar Tabel Harga Kayu Jati Belanda

Gambar Tabel Harga Kayu Jati Belanda Sumber : jualjatibelanda.com

Harga Kayu Jati TPK Blora

ProdukUkuranKisaran Harga
Kayu jati A1( panjang 1 – 1,90 meter diameter 16 – 19 cm)Rp 2,5juta – 3,8 juta per m³
Kayu jati A2( panjang 1 – 1,90 meter diameter 22,25,28 cm )Rp 4 – 6,7 juta per m³
Kayu jati A3( diameter 30 -39 cm )Rp 7 juta – 10 juta per m³
Kayu jati A4( diameter 40 – 49 cm )Rp 10 juta – 12 juta per m³

Note : Untuk harga kayu jati yang telah saya sebutkan, bisa saja berbeda dengan harga yang ada di penjual atau toko yang berbeda. Dan untuk harga di kota besar juga akan berbeda. Misalnya saja harga kayu jati semarang, harga kayu jati bandung, harga kayujati jepara, harga kayu jati jogja dan berbagai kota besar lainnya.

Dikarenakan adanya perbedaan harga dan juga dapat berubah-ubah harganya sewaktu-waktu, maka ada baiknya untuk Anda semua yang ingin membeli kayu jati ini agar selalu mengecek harga terbarnya hanya di website merenovasi. Karena disini akan diupdate harganya setiap minggu. Terima kasih telah membaca. Sampai jumpa lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *